Balada mudik dengan motor: Acuhkan bahaya demi pulang ke kampung halaman

  • 📰 ChannelNewsAsia
  • ⏱ Reading Time:
  • 115 sec. here
  • 3 min. at publisher
  • 📊 Quality Score:
  • News: 49%
  • Publisher: 66%

Car Car Headlines News

Car Car Latest News,Car Car Headlines

Nivell Rayda dan Wisnu Agung Prasetyo dari CNA menempuh perjalanan 230km dengan motor dari Jakarta ke Cirebon di Jawa Barat untuk merasakan pengalaman mudik.

CIREBON, Indonesia: Badan saya seakan berteriak memohon agar motor ini menepi. Bokong nyeri, kaki mati rasa, dan saya berjuang keras tetap terjaga betapapun banyak angin segar yang terus menerpa wajah.

Pemerintah tahun ini memperkirakan 123 juta warga Indonesia akan mudik, eksodus Ramadan pertama sejak semua larangan bepergian untuk menghindari penyebaran COVID-19 dicabut pada pada 31 Desember lalu. Tidak seperti kendaraan roda empat yang stabil, nyaman, dan aman, motor adalah moda transportasi yang berbahaya. Pada 2022, kecelakaan motor menyumbang 65 persen dari 94 ribu kecelakaan di seluruh Indonesia, berdasarkan data Korps Lalu Lintas Kepolisian RI .

Tapi berbagai upaya ini hanya mampu mengakomodasi ribuan pemudik, bukannya jutaan dari mereka yang mudik dengan motor setiap tahunnya.Tidak seperti jurnalis visual CNA, Wisnu Agung Prasetyo, yang merupakan penggemar motor, perjalanan jauh dengan roda dua adalah hal baru bagi saya. Jika menggunakan mobil, perjalanan ini akan tuntas dalam waktu tiga setengah jam. Tapi karena motor dilarang menggunakan jalan tol di Indonesia, laju kami terbatas hanya di jalanan kecil pedesaan, membuat waktu tempuh semakin lama.

"Kami menyarankan pemotor tidak membawa terlalu banyak barang, karena akan menyulitkan bermanuver," kata Kepala Korlantas, Inspektur Jendral Firman Santyabudi kepada CNA. Beberapa menit kemudian, tepat saat matahari terbit, kami ditabrak dari belakang oleh pemotor saat berhenti di lampu merah. Pria itu mengaku mengantuk dan sesaat kehilangan fokus.

Saya meminta Wisnu untuk mencari tempat istirahat, tapi satu-satunya lokasi yang cukup aman dan layak bagi kami untuk tidur adalah lantai beton tak berubin di depan sebuah toko kosong. Kami juga tidak akan khawatir motor atau barang bawaan kami dicuri, terutama jika melintasi jalan-jalan provinsi yang sepi dan terpencil.

Untuk keluarga miskin yang tidak mampu membeli tiket kereta atau bus, yang harganya bisa meroket di musim mudik, mengendarai motor menjadi satu-satunya cara untuk pulang ke kampung halaman. "Operasi ini tentang kemanusiaan yang fokus pada pelayanan publik. Kami tidak ingin dilihat sebagai orang yang hanya menilang. Kami tidak ingin menjadi orang yang membatasi keinginan orang untuk pulang ke kampung halaman. Kami hadir untuk membantu memastikan perjalanan mereka selamat, aman dan nyaman," kata dia.Berbagai institusi pemerintah telah mencoba mencegah masyarakat mudik dengan motor.

 

Thank you for your comment. Your comment will be published after being reviewed.
Please try again later.
We have summarized this news so that you can read it quickly. If you are interested in the news, you can read the full text here. Read more:

 /  🏆 6. in CAR

Car Car Latest News, Car Car Headlines

Similar News:You can also read news stories similar to this one that we have collected from other news sources.

Toyota to invest US$338 million in new hybrid, flex car in BrazilSAO PAULO: Toyota Motor Corp said on Wednesday it will invest 1.7 billion reais (US$337.68 million) to manufacture a new hybrid, flex-fuel compact car in Brazil, which will run in both gasoline and ethanol in addition to its electric engine. The announcement came at an event attended by Toyota's local head
Source: ChannelNewsAsia - 🏆 6. / 66 Read more »

Toyota to invest $338 million in new hybrid, flex car in BrazilSAO PAULO : Toyota Motor Corp said on Wednesday it will invest 1.7 billion reais ($337.68 million) to manufacture a new hybrid, flex-fuel compact car in Brazil, which will run in both gasoline and ethanol in addition to its electric engine.The announcement came at an event attended by Toyota's local head
Source: ChannelNewsAsia - 🏆 6. / 66 Read more »

Nissan aims for 80% of model line-up to be electrified by 2030 - execTOKYO : Japanese automaker Nissan Motor aims to have seven electrified vehicle models by 2026 and 80 per cent of its line-up to be electrified by 2030 in China, chief operating officer Ashwani Gupta said on the sidelines of the Shanghai auto show on Tuesday. He said that China had already passed the tippi
Source: ChannelNewsAsia - 🏆 6. / 66 Read more »

11 companies fined a total of $27,000 for not adhering to safe works proceduresMOM inspected more than 120 motor workshops and manufacturing workplaces handling substantial quantities of flammable substances. Read more at straitstimes.com.
Source: straits_times - 🏆 5. / 69 Read more »